Berita

SEKDA ARPAN NST PIMPIN APEL KESIAPAN PENANGGULANGAN KARHUTLA

setdakab.padanglawaskab –  Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Arpan Nst, S.Sos pimpin apel kesiapan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang diikuti oleh personil dari TNI-POLRI bertempat di kantor Kepolisian Resor (Polres) Padang Lawas, Jum’at, (12/08/22).

Sekda Arpan Nst, S.Sos saat membacakan amanat Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, mengatakan “apel kesiapan kebakaran hutan dan lahan ini merupakan suatu tahapan penting untuk mengingatkan kita akan perlunya upaya untuk memelihara kelestarian hutan dan lahan yang ada di Sumatera Utara. Karena Indonesia merupakan salah satu paru-paru dunia setelah negara Brazil dan Konggo yang menunjukkan bahwa upaya menjaga kelestarian hutan dan lahan merupakan bagian dari upaya pelestarian dunia. Oleh karena itu melalui kegiatan ini diharapkan untuk memastikan kesiapsiagaan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah daerah, TNI-POLRI dan seluruh instansi terkait lainya dan organisasi pecinta lingkungan,” ucap Sekda.

Sekda Arpan melanjutkan amanat Gubsu Edy Rahmayadi, “berdasarkan data yang ada pada semester pertama, Tahun 2022 terdapat 206 hotspot dan 156 kejadian kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Sumatera Utara hal tersebut mengalami peningkatan sebanyak 36 titik bila dibandingkan dengan semester satu Tahun 2021. Peningkatan hotspot yang cukup tinggi terjadi dalam kurun waktu beberapa hari terakhir dimana terdapat 212 titik api yang tersebar di wilayah Provinsi Sumatera Utara untuk periode 1 hingga 9 Agustus 2022,” ungkapnya. (PHN13)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *