Berita

MEWAKILI Plt. PADANG LAWAS, ASISTEN III BIDANG ADMINISTRASI UMUM HADIRI HKGMN TAHUN 2022

Mewakili Plt. Bupati Padang Lawas, Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Amir Soleh Nasution menghadiri kegiatan  HKGMN Tahun 2022 yang diikuti oleh sekitar 1000 orang siswa siswi SD bertempat di Lapangan Merdeka Sibuhuan (12/09/22). Kegiatan HKGMN Tahun 2022 ini mengambil  Tema “Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia”. Bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Padang Lawas diikuti ribuan siswa SD melaksanakan “Sikat gigi Bersama Anak Indonesia” sebagai bagian dari edukasi Kesehatan gigi dan mulut yang diharapkan aktivitas ini akan berlanjut menjadi kebiasaan anak indonesia dan masyarakat.
Pada kutipan sambutan Plt. Bupati Padang Lawas yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Adninistrasi Umum Drs. Amir Soleh Nasution mengatakan,  “Gigi dan mulut merupakan salah satu bagian yang sangat penting pada tubuh manusia. Gigi yang bermasalah dapat menyebabkan gangguan berbicara, makan dan juga menyebabkan gangguan pada bagian tubuh lainnya. Oleh sebab itu,menjaga kebersihan gigi dan mulut sangat penting dilakukan sebelum terjadinya penyakit.  Persepsi dan perilaku masyarakat Indonesia terhadap kesehatan gigi dan mulut masih buruk. Ini terlihat dari masih besarnya Angka karies gigi dan penyakit mulut di Indonesia yang cenderung meningkat. Sementara ada dua penyakit mulut yang sering dialami masyarakat yaitu Karies Gigi dan Periodental.
Faktor pendidikan mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang untuk hidup sehat, pendidikan yang lebih tinggi akan memiliki pengetahuan dan sikap yang baik tentang kesehatan gigi dan mulut.
Selain itu perlu adanya kesadaran kita bersama akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Pemberian edukasi dan pengetahuan ini bisa dilakukan oleh Dokter gigi di praktek ataupun saat di lapangan.
Kemudian ia menghimbau agar masyarakat harus lebih sadar bahwa perawatan gigi dan mulut merupakan tindakan yang harus disegerakan dan tidak boleh dianggap remeh.
Dengan demikian diharapkan rencana pembangunan kesehatan menuju visi- misi Kabupaten Padang Lawas yang Bercahaya yaitu pada poin “SEHAT” akan terwujud. “Mari kita mulai pola hidup sehat dengan menjaga kesehatan secara utuh dan menyeluruh dengan maksimal”, tuntas Amir Soleh.
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *