Berita

AZP BUKA RAKOR LINTAS SKPD DAN POTENSI SUMBER KESEJAHTERAAN SOSIAL TA 2022

Plt Bupati Padanglawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM., M.Si (AZP) membuka  Rapat koordinasi lintas satuan kerja perangkat daerah dan potensi sumber kesejahteraan sosial Tahun Anggaran 2022.

AZP  dalam arahannya mengatakan “keseriusan dan keterpihakan dalam upaya penanganan PMKS haruslah dilakukan secara nyata salah satunya dengan cara memberdayakan masyarakat dalam kategori ini. Sinergitas semua stakeholder mulai pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten dalam penanganan masyarakat yang masuk dalam kategori penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), harus tercipta dengan baik dan berkesinambungan agar masyarakat dapat merasakan kesejahteraan sosial yang adil dan merata. sebagai mitra dan garda terdepan dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial maka peran Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas sangat diharapkan mulai dari sosialisasi program, pelaksanaan program penanganan, pembinaan dan pemberdayaan sosial PMKS di Kabupaten Padanglawas Ketika mereka mampu mengatasi dirinya sendiri dalam setiap aspek kehidupannya, maka pemberdayaan sosial dapat  dikatakan terlaksana dengan baik dan bantuan yang diberikan harus dilakukan secara mendidik sehingga tidak membuat mereka ketergantungan”, sebutnya.

AZP melanjutkan, Riuh kenaikan harga BBM bersubsidi yang akhir akhir ini melanda masyarakat kita mengakibatkan naiknya harga bahan pangan. Inflasi akibat kenaikan harga bahan pangan berpotensi melonjaknya angka kemiskinan. Saat ini, cabe merupakan salah satu komoditas pemicu inflasi di Kabupaten Padang Lawas. Maka pada kesempatan ini, sesuai arahan Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi melalui pemerintah daerah, menghimbau seluruh masyarakat untuk menanam cabe minimal 10 batang/ rumah secara berkesinambungan. Artinya kita menanam cabe tidak hanya ketika harga naik. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat lebih mandiri dan tidak berpatokan pada pasokan cabe dari daerah lain sehingga harga bahan pokok dapat terjaga dan lebih stabil, lanjut Plt. Bupati.

Untuk itu, diharapkan melalui sosialisasi ini, dapat memberikan wawasan kepada semua stakeholder dalam menangani Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial sehingga dapat menekan angka kemiskinan di Kabupaten Palas sesuai dengan visi misi Padang Lawas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya, BERCAHAYA, pungkas Plt Bupati.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial Kabupaten Padanglawas H Achmad Fauzan Nasution SQ,.S.HI,.M.Pd.I dalam dalam laporannya memaparkan dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Surat Keputusan Bupati Padang Lawas Nomor 460/098/KPTS/2022 tentang pembentukan Panitia Rapat koordinasi lintas satuan kerja perangkat daerah dan potensi sumber kesejahteraan sosial tahun anggaran 2022.

Adapun tujuan kegiatan untuk mewujudkan program pemerintah daerah dalam terbentuknya masyarakat Palas yang Bercahaya, mensosialisasikan ke masyarakat dan pemerintah desa tentang program pemerintah dan potensi sumber kesejahteraan sosial.

Peserta dalam kegiatan ini pimpinan OPD se Kabupaten Padang Lawas, para Camat,  Lurah Sibuhuan, Kepala Desa se Padang Lawas, unsur BPJS Kesehatan Sibuhuan, seluruh pendamping Program Keluaga Harapan (PKH), para Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pusat Kesejahteraan Sosial Sistem Layanan Rujukan Terpadu (puskessos SLRT), para Ketua Pekeja Sosial Masyarakat (PSM), karang taruna Kabupaten Padang Lawas.

Acara ini dirangkai dengan penyerahan Bantuan kursi roda dan alat bantu lainnya untuk penyandang disabilitas dan piagam penghargaan bagi kader PKH, TKSK. (PHN13)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *