Berita

Plt BUPATI PADANG LAWAS BUKA RAPAT EVALUASI PENDAPATAN DAERAH SEMESTER I TAHUN 2022

setdakab.padanglawaskab – Plt Bupati Padang Lawas drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM., M.Si didampingi Sekda Arpan Nst, S.Sos membuka secara resmi kegiatan Rapat Evaluasi Pendapatan Daerah Semester I Tahun 2022 yang ditaja oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Padang Lawas, bertempat di Aula Hotel Armarwah Sibuhuan Rabu (29/6/22). Turut hadir Asisten II Perekonomian Dan Pembangunan Drs.Marza Jennova, MM, Staf Ahli Bupati Bid. Pembangunan, Ekonomi Dan Keuangan Drs. Irwan Halomoan, MM, Asisten I Bid. Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat Panguhum Nasution, S.Sos, M.AP, serta para OPD di lingkup Kabupaten Padang Lawas.

Plt. Bupati drg. Ahmad Zarnawi CHt. MM, M.Si dalam arahannya mengatakan salah satu indikator kemandirian daerah dalam bidang keuangan adalah Pendapatan Asli Daerah ( PAD). “Pajak Daerah dan Retribusi Daerah merupakan sumber utama dari Pendapatan Asli Daerah sebagai pondasi yang tentunya akan digunakan untuk menyelenggarakan pembangunan di daerah.” kata Plt Bupati.

Plt Bupati mengakui, bahwa hampir semua SKPD penghasil PAD mengalami kendala dalam pencapaian target, yang dikarenakan kendala situasi pandemi Covid 19 yang mengakibatkan pergerakan ekonomi masyakarat yang tidak stabil dan cenderung menurun yang berakibat pada penurunan capaian kontribusi PAD. “Pada Tahun ini, kita bersyukur walaupun pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir tetapi geliat ekonomi masyarakat mulai dapat kita rasakan dan cenderung bergerak naik.” tutur Plt Bupati Zarnawi.

Melihat hal tersebut Plt. Bupati mengajak agar semua berinovasi dalam menggenjot dan memaksimalkan langkah langkah untuk capaian target PAD yang telah di sepakati bersama. Plt Bupati meminta para OPD agar mencermati potensi-potensi PAD dengan ekstensifikasi pendapatan daerah yang dapat dilakukan dengan pengelolaan sumber sumber penerimaan baru serta penjaringan Wajib Pajak/ Wajib Retribusi baru, intensifikasi pendapatan daerah yang dapat dilakukan dengan optimalisasi penerimaan sesuai potensi daerah serta membangun dan peningkatan sistem pendukung capaian target PAD. “Jalan Kecamatan Sihapas Barumun menuju Barumun Barat, jalan Sepanjang Kecamatan Batang Lubu Sutam akan tuntas tahun ini, begitu juga program-program pemerintah yang lain yang perlu dituntaskan. Semua ini butuh dana. Kalau kontribusi PAD tidak tercapai bagaimana kita untuk menjalankan ini semua. Kalau bukan kita, siapa lagi, kalau bukan sekarang, kapan lagi,” tutup Plt Bupati. (PHN13)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *