Berita, Kegiatan

PLT BUPATI PADANG LAWAS BUKA SOSIALISASI PERMENDAGRI NOMOR 81 TAHUN 2019

setdakab.padanglawaskab –  Plt. Bupati Padang Lawas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM., M.Si menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi Permendagri Nomor 81 Tahun 2019 Tentang Batas Daerah Antara Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara Dengan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau bertempat di Hotel Al Marwah, Kamis (09/12/21). Hadir Pada kesempatan tersebut Wakil DPRD Padang Lawas Sahrun Hasibuan, Kapolres Padang Lawas AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.M.Si, Perwira penghubung (Pabung) 0212 / TS Kapten ARH Saleh Hasibuan, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Padang Lawas, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Panguhum Nasution, M.AP, Pihak Dari Unsur Perusahaan PT. MAI, PT.PHS, serta OPD Terkait, Camat Sosa Timur dan Camat Huragi, ASN terkait Beserta 14 Kepala Desa dan 1 Orang Tokoh Masyarakat, Ketua dan Sekretaris Forum Perjuangan Petani Kalikapuk (FOPPK).

Dalam sambutannya Plt Bupati Padang Lawas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM., M.Si mengatakan, “Kabupaten Padang Lawas berdiri berdasarkan UU Nomor 38 Tahun 2007, artinya sudah 14 Tahun daerah kita berdiri. Kita telah menyelesaikan beberapa koordinat batas yaitu berbatasan dengan Tapanuli Selatan sudah selesai, kemudia berbatasan dengan Mandailing Natal dan Padang Lawas Utara sebelah Barat dan hari ini kita membicarakan perbatasan dengan sebelah Timur dengan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Saya beberapa kali mengikuti tapal batas ini yang paling berkesan yaitu tapal batas dengan Pasaman Sumatera Barat. Orang Pasaman membawa nasi dan gulai, orang Padang Lawas membawa nasi dan gulai, gulai kami tukar kan dengan orang Pasaman, gulai orang Pasaman ditukarkan dengan kami, kami makan sama-sama”, Ucap Plt Bupati.

Plt Bupati melanjutkan, “Sosialisasi Permendagri Nomor 81 Tahun 2019 nantinya akan bermuara kepada penetapan batas hukum bagi Polres batas teritorial bagi Bapak-bapak TNI, BPN, sehingga nanti masyarakat mendapatkan hak dan kewajibannya. Artinya apa? Penegasan tapal batas ini akan menyelesaikan permasalahan-permasalahan simpang siur tentang batas Padang Lawas dan Rokan Hulu. Kepada seluruh peserta Sosialisasi Permendagri Nomor 81 Tahun 2019 ini diharapkan akan menjadi corong akan berkompeten untuk memberikan kebenaran kepada masyarakat untuk memberikan objektifitas tentang tapal batas ini semuanya ada aturan hukum negara yang bisa dijelaskan”, sebutnya. (PHN13)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *