Berita, FOTO KEGIATAN, Kegiatan

PEMKAB PADANG LAWAS PERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD ﷺ SEKALIGUS HARI SANTRI NASIONAL

setdakab.padanglawaskab – Pemerintah Kabupaten Padang Peringati Maulid Nabi Muhammad ﷺ sekaligus dirangkaikan dengan Peringatan Hari Santri Nasional Pada Hari Jum’at (22/10/21) bertempat di Masjid Al Munawwaroh Sibuhuan. Hadir juga pada kesempat tersebut Wakil Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM ., M.Si, Sekretaris Daerah Arpan Nst S.Sos beserta Para Asisten, Staf Ahli Bupati dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Padang Lawas, Kemenag Padang Lawas H. Abdul Manan, MA, Ketua MUI Padang Lawas H. Ismail Nasution, Lc, MTh, Para Pimpinan Pondok Pesantren dan ratusan santri yang tersebar di masing-masing pondok pesantren di Kabupaten Padang Lawas.

Mewakili Wakil Bupati yang hadir pada acara tersebut, Sekda Arpan membacakan sambutan Bupati Padang Lawas mengatakan “Peringatan Maulid Nabi Muhammad ﷺ adalah momen penting dalam sejarah peradaban manusia sepanjang masa. Seorang ahli dibidang fisika, geometri dan astronomi bernama Michael Hart dalam bukunya berjudul The Hundred  A Ranking Of The Most Influential Persons In History atau diartikan sebagai seratus orang yang paling berpengaruh dalam sejarah kehidupan di dunia. Michael Hart menempatkan rasulullah ﷺ sebagai ranking pertama sebagai manusia paling berpengaruh di muka bumi ini,” Sebut Sekda.

Sekda Arpan melanjutkan, “ketika Michael Hart sedang memberi kuliah di London, dia ditanyai oleh seorang umat kristiani mengapa dia meletakkan Nabi Muhamad sebagai nomor 1? sedangkan Umat Kristen lebih banyak dari Islam. Michael Hart tanpa ragu menjawab : Nabi Muhamad telah berdiri di tengah Kota Mekah pada Tahun 611 Masehi dan berkata kepada manusia ketika itu “aku adalah Rasulullah” kala itu hanya empat orang telah beriman kepada beliau sahabat karibnya, isteri beliau dan dua orang anak-anak. setelah 1400 tahun berlalu, sekarang Ummat Muslim telah melebihi 1 milyar dan akan masih terus bertambah. mustahil Rasul seorang pembohong, karena pembohongan tidak akan bertahan sehingga 1400 tahun”, ucap Sekda.

Pada kesempatan tersebut Sekda juga mengajak para jemaah terutama para santri agar senantiasa meningkatkan rasa cinta kita kepada Rasullah ﷺ. Sekda berpesan agar meniru akhlak Baginda Muhammad ﷺ sebagai panutan terutama di masa pendemi covid-19. “Salah satu sifat Nabi Muhammad yang sangat menginspirasi adalah kedermawanannya”, terang Sekda.

Sebelumnya mewakili pimpinan pondok pesantren dan Kementerian Agama Padang Lawas H. Abdul Manan, MA mengucapkan terimakasih kepada Pemda karena telah memfasilitasi kegiatan peringatan Hari Maulid Nabi dan juga Hari Santri Nasional. “Tadi pagi kita bersama bapak Wakil Bupati sudah mengikuti Upacara Hari Santri Nasional, kita harus apresiasi pemerintah daerah”, sebutnya.

Sementara itu, Da’i ustadz H. Ali Jamal Sigulo dalam tausyiahnya menyampaikan, “Nabi Muhammad di usia Ke-7 Hari sudah diberikan kepada orang Lain bernama Halimatus Sa’diyah untuk disusui. Bukan berarti ibunda Rasul Aminah tidak mencintai Rasul, justru karena cintanya makanya beliau menitipkan anaknya untuk di bawa keluar Mekah agar Rasul terhindar dari lingkungan jahiliyah. Begitupun anak-anak kita, harus ada pengorbanan dari kecil mari kita masuk kan ke pondok pesantren yang ada di Padang Lawas ini. Ibarat sebuah besi yang tua jika yang ditempahkan, dipanaskan, sehingga menjadi sebilah parang atau sebilah pedang yang banyak manfaatnya, begitupun anak-anak kita, kita sekolahkan di pondok pesantren, di lingkungan yang mandiri, masak sendiri, bangunnya sebelum shubuh dan setelah itu menghapal Al Qur’an, inilah yang akan menjadikan anak-anak kita di masa depan akan menjadi anak yang sholeh/ha, pengganti para ulama dan umaro di masa ini”, ucapnya ustadz. (PHN13)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *