Berita, FOTO KEGIATAN, Kegiatan

PEMKAB PADANG LAWAS GANDENG PENGADILAN AGAMA DAN KEMENAG ADAKAN ITSBAT NIKAH

setdakab.padanglawaskab –  Wakil Bupati Padang Lawas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM., M.Si di dampingi Sekda Arpan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Markiah Hasibuan SE, Kependudukan dan Keluarga Berencana serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Siti Maria bersama Kepala Pengadilan Agama M.Saifuddin, SH.I dan Kementerian Agama Padang Lawas H. Abdul Manan, MA melaksanakan sidang itsbat nikah bertempat di Aula Kantor Kemenag Padang Lawas, Rabu (27/10/21). Sidang Itsbat Nikah ini dilakukan dengan tujuan memberikan kepastian hukum bagi masyarakat yang belum tercatat pernikahannya sehingga tertib administrasi.

Wakil Bupati Padang Lawas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM., M.Si dalam sambutannya menyampaikan, “apa yang menjadi agenda kita pada hari ini, sesungguhnya itu sudah kita rencanakan sekitar lima atau enam tahun yang lainnya, sampai kalo gak salah Kakan Kemenagnya ini sudah yang ketiga kalo gak salah, begitu juga Pengadilan Agama mungkin ini sudah yang keempat, Alhamdulillah Allah Subhanahu Wata’ala pada hari ini mengizinkan kita melaksanakan kegiatan ini. Apa yang kita laksanakan ini disamping pelayanan terpadu juga untuk memberikan atau membuat masyarakat bisa menemukan hak-haknya di negara ini. Out pun nya bapak akan mendapatkan surat nikah, bapak-bapak dari Kemenag akan mengeluarkan buku nikah, Ibu Capil akan mengeluarkan kartu keluarga sehingga akan terbentuklah KTP yang baru sehingga sudah syah secara hukum secara agama bahwa bapak ibu sudah menjadi suami-isteri”, sebut Wabup

Wabup melanjutkan, “selama dua tahun ini musim bantuan luarbiasa. PKH setiap bulan gajian selama satu tahun. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sosial pangan dikasih ikan, dikasih beras, dikasih ayam, dikasih sayur dikasih minyak goreng setiap bulan menerima. Belum lagi dari UMKM menerima 2.4 juta perorang, mulai dari penjual pecal, penjual goreng, penjual sayur. Belum lagi dari Kementerian Ketengakerjaan mendapat bantuan ini mendapat bantuan itu, dari pemerintah dapat kompor, dapat piring selama dua tahun ini. Tentu bapak ibu yang tidak mendapatkan administrasi yang tidak lengkap sehingga terhalang  hak bapak dan ibu untuk mendapatkan bantuan itu. Sehingga kegiatan hari ini akan membuka hak bapak ibu dan merapoikan sistem adminstarasi dan diakui suami isteri secara negara.

Wabup juga meminta agar Sidang Itsbat Nikah menjadi agenda rutin pemerintah, “kita punya prinsip hidup hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan kita rencanakan besok ini lebih baik dari tahun ini. Untuk tahun depan tidak hanya pengantinya diarak saja, tapi sudah ada pelaminan, harus ada irama gambusnya, bukan itu saja harus ada kurban kerbau, sehingga betul-betul nampak seperti resepsi pernikahan di sambut dengan gondang. Saya lihat bisikan Kepala Bank Sumut itu mah kecil katanya”, sambil di sambut ketawa oleh Audience.

Sebelumnya, Kemenag Agama H. Abdul Manan, MA mengatakan “ada program yang sangat urgent yaitu digitalisasi kartu nikah, nanti kedepan Pak Asisten kalo Medan ikutlah isterinya, gak mungkinlah dia bawa buku nikah yang besar, dibawa kartu kecil seperti kartu chip tunjukan saja inilah isteri ku, dan bisa dilihatlah fotonya sesuai, kita upayakan kedepannya masyarakat bisa mendapatkan kartu digital untuk mempermudah pejabat kita dalam bertugas dalam sehari-hari. Terimakasih Pak Wabup, Pak Sekda telah bekerjasama untuk kegiatan ini, Semoga dengan kegiatan ini bisa memberikan pelayanan dan tugas pokok dalam instansi masing-masing”, sebut Kemenag.

Sementara itu Kepala Pengadilan Agama M.Saifuddin, SH.I, dalam sambutannya menyampaikan, “latar belakang kegiatan Sidang Itsbat Nikah ini adalah tingginya angka perkawinan di wilayah Kabupaten Padang Lawas yang tidak tercatat, tidak terdaftar, tidak mempunyai buku nikah. Untuk itu Pemerintah Dareah dalam hal ini Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati, Bapak Sekda mempunyai keinginan program yang Alhamdulillah bisa kita laksanakan hari ini. Ada beberapa tujuan dari pelaksanaan kita hari ini, yang pertama memberikan kepastian hukum tentang status perkawinan masyarakat Kabupaten Padang Lawas yang belum tecatat di KUA, berkaitan itu sidang itsbat nikah ini demi mewujudkan tertib administrasi kependudukan, kedua memberikan perlindungan tentang status hukum suami-isteri. Ketiga sarana edukasi perihal urgensi pencatatan perkawinan kepada masyarakat penghasilan rendah untuk menikah secara resmi”. Ungkapnya

Kegiatan itsbat nikah ini berlangsung tiga tahap, dimana tahap pertama adalah Hari Rabu 27 Oktober 2021, tahap Kedua adalah Hari Kamis Tanggal 04 November 2021 dan tahap ketiga adalah di Kamis Tanggal 11 November 2021. (PHN13)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *