Berita, FOTO KEGIATAN, Kegiatan

BUKA DIKLAT PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENYULUH PERTANIAN, WABUP: MARI KITA WUJUDKAN SATU DESA SATU PENYULUH PERTANIAN

setdakab.padanglawaskab –  Wakil Bupati Padang Lawas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM., M.Si membuka secara resmi Diklat Pengembangan Kompetensi Penyuluh Pertanian, Senin (25/10/21) bertempat di Hotel Al Marwah Sibuhuan. Hadir pada kegiatan tersebut, tersebut Asisten III Bidang Administrasi Umum H. Ali Irfan Hasibuan, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia  Ir. Abdullah Nasution, Kepala BKPSDM Adi Putra Halomoan Hasibuan, MM dan sejumlah kepala OPD lainnya.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan “Hari ini Penyuluh KB sudah tercapai satu orang satu desa, begitupun tenaga kesehatan, bidan desa juga satu orang satu desa. Padahal kalo eggak makan buah-buahan, ga makan satu hari, ga makan enak itu semuanya jadi repot. Makanya sesungguhnya muaranya di pertanian ini, setuju kira-kira satu desa satu penyuluh pertanian?, saat ini Penyuluh pertanian sebanyak 131 orang di mana Jumlah 303 desa”, sebut Wabup AZP.

Wabup melanjutkan, “Penyuluh berawal dari kata dasar Suluh dikasih awalan “pe” menjadi penyuluh. Suluh itukan ibaratnya obor. Obor yang memberikan penerangan bagi orang yang gelap atau membutuhkan. Petani disini diibaratkan sebagai orang yang pada dasarnya terlambat informasinya, terlambat pengetahuannya sehingga para penyuluh ini akan memberikan obor, akan memberikan pemahaman, transfer knowledge kepada petani, sehingga petani bisa mandiri, bisa mengatasi permasalahannya di lapangan. Tentu penyuluh harus memiliki kompetensi, harus memiliki knowledge sesuai dengan perkembangan zaman”, ucap Wabup. (PHN13)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *