Berita

WAKIL BUPATI PADANG LAWAS SERAHKAN SECARA SIMBOLIS KEPADA SEPULUH ORANG BANTUAN BENCANA ALAM

setdakab.padanglawaskab –  Wakil Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM., M.Si menyerahkan secara simbolis kepada sepuluh orang penerima bantuan bencana alam berupa banjir bandang, tanah longsor dan angin puting beliung bertempat di Aula Kantor Bupati Padang Lawas, Rabu (28/07/21). Hadir pada kesempatan tersebut Sekda Arpan NST, Kapolres AKBP Jarot Yuspiq Andito SIK, Dandim 0212/TS Letkol INF Rooy Chandra Sihombing SP, Kajari Teuku Herizal SH MH dan Plt. Kepala BPBD Padang Lawas Nojul Hasibuan, S.Pd.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM., M.Si menyampaikan, “bencana ini datangnya tidak terduga, tidak direncakan juga, namun pada prinsipnya sesungguhnya terjadinya bencana itu disebabkan oleh perbuatan manusia itu sendiri, ada sebab akibatnya. Oleh karena itu fokus kita adalah bagaimana bencana ini jangan terjadi lagi. Khususnya kepada bapak camat dan kepala desa Perlu kiranya mendeteksi dini melihat adanya aktifitas tertentu yang mengakibatkan terjadinya bencana, salah satunya adalah pembalakan liar atau ilegal logging. Sebagai tanggung jawab sosial, Bapak Camat dan Kepala Desa wajib melakukan  koordinasi bersama kami, TNI-Polri, apabila ada aktifitas yang kita curigai yang membawa dampak negatif bagi masyarakat kita”.

Wabup melanjutkan, “dalam situasi pandemi Covid-19, negara sudah berusaha hadir memberikan bantuan, bersama Bapak TNI-Polri kita sudah aktif pada saat bencana itu, namun saat itu kita hanya bisa membantu bantuan berupa sembako, pembukaan akses jalan, terjaminnya keamaan”, sebutnya.

Wakil bupati juga berpesan kepada penerima bantuan bencana alam uang yang diberikan nantinya akan dimanfaatkan sebaik mungkin, yaitu dengan memperbaiki rumah yang terdampak bencana. Bupati juga mengingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 5M, “jaga diri dan keluarga dengan menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan jika tidak penting dan mengurangi mobiltas. selalu jaga kesehatan dan tetap semangat:, ungkapnya.

Sebelumnya Plt. Kepala BPBD Padang Lawas Nojul Hasibuan, S.Pd menyampaikan “bantuan bencana alam baik bencana puting beliung, tanah longsor maupun banjir bandang hari ini dilakukan penyerahan secara simbolis kepada 10 KK. Rencananya akan dibagikan secara menyeluruh pekan depan.  Kami selaku pimpinan BPBD memohon maaf karena realisasi bantuan hari ini bisa dilakukan, mengingat bencana terjadi dibulan Maret. Atas keterlambatan ini kami mohon maaf”. (PHN13)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *