Berita

WABUP BUKA SOSIALISASI PENINGKATAN PARTISIPASI PEREMPUAN DI BIDANG POLITIK, HUKUM, SOSIAL DAN EKONOMI DI KABUPATEN PADANG LAWAS

setdakab.padanglawaskab –  Wakil Bupati Padang Lawas  , drg.H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM., M.Si menghadiri sekaligus membuka acara Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan Di Bidang Politik, Hukum, Sosial dan Ekonomi bertempat di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, Selasa (7/5/2021). Acara yang diprakarsa oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Padang Lawas ini juga dihadiri Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Panguhum Nasution, MAP, kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Alianda Lubis, MM dan Kabag Kesra Musa Irwan, S.Psi.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan, “tentu dengan mengikuti sosialisasi akan bertambah pengetahuannya, bertambah ilmu dan pemahamannya dari narasumber yang akan memberikan materinya pada hari ini. Jika kita melihat sejarah pada masa Jahiliyah dulu Seketika ada seorang anak gadis yang sudah cukup umurnya, sudah dewasa secara fisik, anak ini sudah syah untuk dinikahkan maka orang tuanya pada zaman itu cukup memasang bendera warna hijau di depan rumahnya. Kalo ada di depan rumah itu ada bendera hijau, itu menunjukkan bahwasanya sudah ada anak gadis di rumah itu sudah cukup usianya untuk dinikahi. Maka esoknya harus dinikahkan, mulai tulangnya, amangborunya, udanya, abangnya, tujuannya apa? Untuk menzinahi wanita tadi. Begitu dinyatakan hamil ditunggulah sampai anak gadis itu melahirkan dan dengan wajah siapa anaknya yang mirip dengan itulah wanita itu dinikahkan. Dengan datangnya Islam melalui Rasulullah SAW yang dulunya zaman jahiliyah wanita dianggap aib bagi keluarga, menjadikan wanita sebagai makhluk yang dimuliakan. Bahkan berdirinya sebuah negara itu wanita itu adalah tonggaknya. Apabila wanita itu baik-baik maka negaranya akan baik, sebaliknya, jika wanitanya hancur maka negeranya akan amburadul”. Sebut Wabut

Wabup melanjutkan, “sekarang di Kab. Padang  Lawas77 orang pria lebih banyak dibandingkan wanita. Saya yakin tahun depan wanita akan lebih banyak dibandingkan laki-laki. Kami bersama bapak Bupati TSO selalu memperhatikan perempuan, terbukti pada hari ini ibu Kadis P2KBP3A adalah perempuan, bahkan peserta lelang jabatan tahun ini lebih banyak perempuan. Bersama Bapak TSO kami sangat menghargai perempuan yang berkarir dibirokrasi, bahkan hari ini camat perempuan lebih tertib administrasi dibandingkan camat laki-laki. Oleh karena itu mari kita maknai sosialisasi ini untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan serta pengalaman dari pada salah satu masa depan Padang Lawas ini ada pada perempuan”, lanjut wabut.

Wabup juga mengingatkan kepada audien agar selalu menetapkan prokes dengan selalu memakai masker dan menjaga jarak.

Sebelumnya Kadis Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Padang Lawas dalam laporannya menyampaikan, tujuan dilaksanakan sosialisasi tersebut adalah untuk mengokohkan rasa persatuan dan kesatuan, menambah pengetahuan dan keberanian untuk meningkatkan keefektifitasan perempuan di Padang Lawas serta meningkatkan kepemimpinan perempuan dibidang politik, hukum, sosial dan ekonomi. Jumlah peserta sosialisasi ini adalah seratus orang.

(PHN13)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *