Berita

WABUP BUKA ACARA PAGELARAN SENI BUDAYA TINGKAT KABUPATEN PADANG LAWAS

setdakab.padanglawaskab –  Wakil Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM., M.Si menghadiri sekaligus membuka acara pagelaran seni budaya Tingkat Kabupaten Padang Lawas di Gedung Olahraga, Kamis (29/7/21). Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Padang Lawas Panguhum Nasution, S.Sos,M.AP, Inspektur Padang Lawas Harjusli Fahri Siregar, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Solahuddin Lubis,  dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Lawas Hj. Rosidawati Suriani, S.Pd. Adapun Tema pagelaran seni budaya tersebut adalah: Lawan Covid-19 dengan Terus Berkreasi dan Berkarya yang Berkarakter Budaya Kita Dituntut Tetap Produktif.

Dalam Sambutannya Wabup drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM., M.Si menyampaikan, “saya meyakini seni budaya kita sarat dengan pesan, ajaran yang berdaya guna untuk menangkal asimilasi budaya asing yang tidak atau kurang sesuai dengan jati diri kepribadian masyarakat padang lawas. Saat ini kemajuan tekhnologi telah menggeser sendi kebudayaan hampir disetiap daerah, remaja-remaja kita lebih suka menggunakan tiktok, instagram, facebook dan media sosial lainnya dari pada melestarikan warisan kebudaayaan Padang Lawas. Jika fenomena tersebut apabila tidak kita antisipasi, besar kemungkinannya akan berpengaruh terhadap bergesernya sendi-sendi pranata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dimasa yang akan datang”, sebut wabut.

Wabup juga mengingatkan agar setiap kegiatan supaya dilakukan protokol kesehatan yang ketat, agar tidak terjadi klaster penyebaran Covid-19.

Pagelaran seni budaya ini sendiri menghadirkan pertunjukan budaya asli Padang Lawas seperti seperti Tari Tor-Tor Namora Pule, Tari Kreasi Tradisional Manjalahi Hian, Tari Tradisional Sipaingot dan Permainan tradisional lompat tali yang dipergakan oleh siswa-siswi Kabupaten Padang Lawas. (PHN13)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *