Berita

SEKDA ARPAN HADIRI TAUSYIAH RUTIN DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT DAERAH PADANG LAWAS

SETDAKAB.PADANGLAWAS  – Sekretaris Daerah Padang Lawas hadiri tausyiah rutin setiap bulannya dilaksanakan di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Lawas, Jum’at (28/2) lalu.. Pengajian ini juga diikuti  Kabag Umum, Kabag Orta dan Kabag Kesra serta ASN dan honorer di Sekretariat Daerah Kab. Padang Lawas. Pengajian ini mengambil tema hikmah berpuasa yang disampaikan oleh Ustadz H. Ismail Nasution Lc.

Sekda Arpan dalam sambutannya mengatakan, “pengajian yang sudah digelar secara rutin ini sangat banyak sekali manfaatnya. Selain sebagai sarana ibadah dan asupan rohani, tanpa disadari kegiatan seperti ini memiliki manfaat untuk menguatkan tali silaturahim di antara kita disini”.

Sementara itu Ustadz H. Ismail Nasution Lc dalam tausyiahnya mengatakan, “Enam hikmah dalam berpuasa diantaranya  Pertama menambah ketakwaan. Puasa dimaknai untuk menambah ketakwaan kepada Allah SWT. Ibadah puasa di bulan Ramadhan dapat dijadikan ajang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Puasa juga menjadi sarana mengingat Allah melalui zikir yang dilantunkan kepada Allah. Kedua Istikamah. Puasa Ramadhan juga merupakan latihan untuk menjadi istikamah atau tetap konsisten di jalan Allah. Ketiga Mencegah maksiat Puasa dapat menjadi benteng bagi diri untuk mencegah melakukan perbuatan maksiat. Selama berpuasa, setiap orang diminta untuk menjaga hawa nafsu dan melindungi diri dari godaan setan. Kelima Melatih kepedulian Puasa melatih kepedulian kepada sesama manusia. Dengan merasakan lapar tidak makan seharian, diharapkan seseorang dapat berempati dan peka pada orang miskin yang kelaparan. Sehingga, dapat menumbuhkan rasa saling membantu. Keenam Mengontrol emosi Puasa mesti dilakukan dengan banyak bersabar. Oleh karena itu, setiap orang diharapkan dapat mengontrol emosi dari berpuasa selama sebulan penuh. Dan Terakhir Sarana silahturahmi. Puasa Ramadhan juga ajang menjalin silaturahmi atau tali persaudaraan dengan keluarga, kerabat, dan teman, bahkan dengan orang-orang Muslim lainnya. (PHN13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *