Berita

GARAP ASPIRASI MASYARAKAT, ASISTEN III ALI IRPAN HASIBUAN HADIRI MUSRENBANG KECAMATAN BARUMUN SELATAN

SETDAKAB.PADANGLAWAS  – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Barumun Selatan, Kabupaten Padang Lawas tahun 2020 digelar di aula kantor camat setempat, Kamis (6/2/2020) kemarin. Musrenbang yang dilakukan ini merupakan wadah, sekaligus proses perencanaan pembangunan untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat, sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi di masing-masing desa.

Kegiatan musrenbang ini turut dihadiri Asisten III Ali Irpan Hasibuan, pimpinan OPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa dan BPD serta tokoh masyarakat.

Bupati Padang Lawas diwakili Asisten III Ali Irpan Hasibuan mengatakan, musrenbang tingkat Kecamatan merupakan tahapan lebih lanjut guna menindaklanjuti musrenbang di tingkat desa.

Kegiatan musrenbang ini, kata Ali Irpan, sebagai sarana untuk mengakomodir usulan prioritas pembangunan dari seluruh masyarakat.

“Usulan tersebut disampaikan melalui wakilnya dari tingkat desa sampai kepada kecamatan dan diteruskan pada tingkat musrenbang Kabupaten Palas dengan harapan di tahun 2020 usulan prioritas dapat terealisasi,” ujar Ali Irpan.

Dia berharap, Pemerintah Kecamatan Barumun Selatan maupun masyarakat dapat memilah program prioritas yang memang menjadi kebutuhan daerah, serta dapat pula sejalan dengan program-program pemerintah kabupaten.

Camat Barumun Selatan, Abdul Rivai Pane mengatakan, musrenbang ini merupakan agenda rutin setiap tahun dilaksanakan. Dari hal tersebut diharapkan peran aktif dari peserta yang hadir dalam musrenbang.

Menurut Camat, musrenbang jangan hanya dijadikan kegiatan seremonial saja. Namun, usulan program pembangunan harus dapat bermanfaat untuk mengentaskan kemiskinan serta mensejahterakan masyarakat desa.

Oleh karena itu, Abdul Rivai meminta tokoh-tokoh masyarakat, BPD juga kepala desa bisa memformatkan anggaran pendapatan belanja desa dengan baik yang disinkronisasikan dengan program pemerintah daerah. “Tidak semua usulan tersebut dapat tercover semua, nantinya usulan-usulan tersebut akan digodok lagi di tingkat kabupaten,” katanya.

Ia menambahkan, desa yang yang tidak ikut musrenbang, tentu usulannya tidak akan ikut dibahas. “Ada satu desa yang tidak hadir di kegiatan musrenbang ini,” ungkap Camat tanpa menyebutkan nama desanya. (PHN13)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *