Berita

BUPATI KABUPATEN PADANG LAWAS INSTRUKSIKAN CAMAT DAN KADES BENTUK TIM RELAWAN COVID-19

SETDAKAB.PADANGLAWAS  –  Bupati Padang Lawas H. Ali Sutan Harahap menginstruksikan kepada Camat dan Kepala Desa (Kades) untuk membentuk relawan desa dalam melawan virus corona disease (Covid-19).Pembentukan tim relawan desa ini tertuang dalam Surat Edaran Bupati Palas Nomor 141/1877/2020 tertanggal 27 Maret 2020. Di mana para relawan nantinya melakukan pencegahan mengedukasi masyarakat melalui sosialisasi yang tepat dengan menjelaskan perihal informasi terkait dengan Covid-19.baik gejala ,cara penularan, maupun langkah-langkah pencegahannya.

Mendata penduduk rentan sakit, seperti orang tua, balita, serta orang memiliki penyakit menahun, penyakit tetap dan penyakit kronis Iain nya, melakukan penyemprotan disinfektan dan menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) di tempat umum seperti balai desa.

Menyediakan dan memfasilitasi ruangan isolasi di wilayah desa masing -masing, enyediakan alat kesehatan untuk perlindungan, serta pencegahan penyebaran wabah dan penularan Covid-19, menyediakan informasi penting terkait dengan penanganan Covid-19 seperti nomor telepon rumah sakit rujukan, telepon ambulance, puskemas, petugas kesehatan di desa.

Melakukan deteksi dini penyebaran Covid -19 dengan memantau pergerakan masyarakat melalui pencatatan tamu yang masuk desa, pencatatan keluar masuknya warga desa setempat kedaerah lain, pendataan warga desa yang baru datang dari rantau, seperti buruh migran atau warga yang bekerja di kota-kota besar, pemantuan perkembangan orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

Bupati Padang Lawas H.Ali Sutan Harahap (TSO) melalui Kadis PMD Palas Budiman Nasution mengatakan “petunjuk surat bngda edaran Menteri Desa PDT dan Transmigrasi RI Nomor :8 tahun 2020 tentang desa tanggap Covid-19 dan penegasan padat karya tunai desa. Menindak lanjuti surat Menteri Desa, , Bupati Padang Lawas mengintruksikan kepada camat dan kades se Kabupaten Palas dengan surat Bupati Palas Nomor 141/1887 /2020 tertanggal 27 Maret 2020, perihal pembentukan Tim relawan desa lawan Covid-19”.

“Biaya operasional bersumber dari Dana Desa Tahun 2020 kegiatan edukasi dilaksanakan oleh tim relawan bermitra dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Pendamping Desa. Penyemprotan akan dilaksanakan di Desa dengan durasi 2 hari sekali, pengadaan ruangan karantina bagi ODP atau pendatang, pemudik dari dalam negeri maupun luar negeri, akan dikarantina sebelum dapat berbaur dengan masyarakat lain sampai mendapat pemeriksaan dari Gugus Tugas Kabupaten Palas,” tambahnya. (AMH03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *