Berita

BUPATI H. ALI SUTAN HARAHAP (TSO) MINTA JAJARANNYA LAKSANAKAN INTRUKSI PEMERINTAH PUSAT

SETDAKAB.PADANGLAWAS  –  Bupati Padang Lawas H.Ali Sutan Harahap (TSO) melakukan video conference dan mengintruksikan seluruh Camat untuk meneruskan kepada para Kepala Desa serta BPD soal imbauan pemerintah pusat demi kemaslahatan rakyat.

Instruksi ini menindaklanjuti surat edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor : 11 Tahun 2020 dan Perubahaan Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Pengunaan Dana Desa Untuk Pencegahan Dan Penanganan Virus Disease Atau Covid 19 Dan Desa Tanggap Covid 19 Serta Penegasan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan Surat Menteri Desa Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 1261/PRI 00/IV /2020 Tentang Pengaturan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT).

“Saya langsung menginstruksikan para camat untuk meneruskannya kepada kepala desa, sehingga apa yang diinstruksikan oleh menteri segera terealisasi untuk penanganan wabah Covid-19 saat ini,” ujar Bupati TSO, Kamis (16/4/2020) di dampingi Ketua DPRD Palas Amran Pikal Siregar serta anggota DPRD serta Kadis PMD Budiman Nasution.

Menurut Bupati, surat edaran itu berisikan aturan terkait penggunaan dana desa untuk untuk, pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease 2019 atau Covid 19, Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa).

Kata bupati, surat menteri kali ini lebih ditekankan kepada penyaluran dana BLT yang bersumber dari Dana Desa. Bahwa Dana Desa dapat digunakan untuk bantuan langsung tunai kepada keluarga miskin di desa. Di mana, sasaran penenma BLT-Dana Desa adalah keluarga miskin non PKH atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun (kronis).

“Surat tersebut juga mengatur mekanisme pendataan, metode penyaluran, jangka waktu dan besaran penyaluran, serta hal lainnya. Mangingat hal ini mendesak, maka saya instruksikan seluruh camat untuk meneruskannya kepada kepala desa di wilayah tugasnya masing-masing,” terang bupati.

Dalam vidcon tersebut, hadir juga Wakil Bupati Palss drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, Sekda Arpan Nasution, Wakil Ketua DPRD Sahrun Hasibuan, Kadis Sosial Palas Bustami Harahap, dan Pimpinan OPD terkait lainnya. (PHN13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *