Berita

BUPATI PADANG LAWAS BESERTA STAF KHUSUS KASAD DENGARKAN PAPARAN DAN SATGAS TMMD TIM PENGAWAS DAN EVALUASI TN AD PROGRAM TMMD KE-105 TA 2019 DI WILAYAH KODIM 0212 TAPSEL

Tim Pengawas dan Evaluasi dari Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Mabes TNI AD) Mayjen TNI Ilyas Alamsyah yang juga merupakan staf khusus Kasad beserta Bupati Padang Lawas H. Ali Sutan Harahap (TSO) mendengarkan  langsung program fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 TA 2019 Kodim 0212 Tapsel di Pendopo Rumah Dinas Bupati Padang Lawas, Selasa (23/7). Materi pemaparan disampaikan oleh Satgas TMMD ke-105 Tahun 2019 Letkol Inf Akbar Novrizal yang juga merupakan Dandim 0212.

Bupati Padang Lawas H. Ali Sutan Harahap (TSO) dalam sambutannya menyampaikan, “Kami Pemerintah Pemkab Padang Lawas mendukung program TMMD Ke-105 ini, salah satu bentuk dukungan kami adalah menyerahkan asset untuk perencanaan pembangunan Kodim yang ada di Padang Lawas sambil menyusun program atau administrasinya bagaimana baiknya nanti, kami sangat berharap peran strategis dari TNI di Padang Lawas sekalipun saat ini sudah ada empat Koramil yaitu, Koramil Barumun, Koramil Barumun Tengah, Koramil Sosopan dan Koramil Sosa”, Sebut Bupati TSO.

Senada dengan Bupati Padang Lawas, Mayjen TNI Alamsyah Harahap juga menyampaikan, “berkaitan dengan TMMD adalah bentuk program TNI AD dalam upaya mengatasi kesulitan masyarakat dalam mengakses jalan terutama masyarakat pedalaman sehingga perekonomian bisa lancer. Kita tidak bisa mengatakan itu tugasnya TNI saja, harus ada korelasi baik TNI dan Pemerintah Daerah dan Masyarakat. TMMD inikan dibatasi oleh waktu pengerjaannya, kalo pembangunan itu sudah dilaksanakan, dua tahun berikutnya sudah merupakan tanggung jawab Pemda, jangan dibiarkan, kalo dibiarkan program TMMD akan sia-sia”, ungkap Mayjen TNI Ilyas Alamsyah.

Dandim 0212 Tapanuli Selatan Letkol Inf Akbar Novrizal dalam pemaparannya menjelaskan “Kegiatan TMMD ini dibagi dua yaitu kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik meliputi pembangunan jalan seperti pengerasan jalan dan pemasangan gorong-gorongan di dua titik, selanjutnya jalan ini melewati kebun masyarakat, sehingga ada pohon masyarakat kena jalan sehingga ditebang, karena masyarakat sudah rela memberikan lahannya. Sedangkan kegiatan non fisik seperti memberikan pemahaman kepada masyarakat seperti penyuluhan mitigasi bencana, karena beberapa waktu yang lalu ada konflik antara masyarakat dengan harimau sumatera di Kecamatan Sosopan”.

Acara pemaparan TMMD ini dilanjutkan langsung oleh peninjauan kegiatan program TMMD ke-105 Kodim 0212 Tapsel, tahun 2019 ini, di Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang, Kecamatan Sosa, Acara Hadir juga pada acara pemaparn TMMD tersebut Wakil Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, Setda Arpan Nasution, Kepala OPD Padang Lawas, Jajaran Personil Kodim 0212 dan Persatuan Isteri Tentara (Persit).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *