Berita

SETDAKAB PADANG LAWAS KEMBALI ADAKAN PENGAJIAN RUTIN DI BULAN SYAWAL

Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Padang Lawas melalu BagianKesra kembali adakan pengajian rutin bertepatan di Bulan Syawal, Jum’at (28/06) lalu di Aula Sekratariat Daerah Kabupaten Padang Lawas. Pengajian ini diikuti oleh Plt Kabag Kesra Musa Irwan, S.Psi dan Plt Kabag Umum Erwin Alamsyah Pane, SE dan sejumlah ASN dan Non ASN di Lingkungan Setdakab Padang Lawas. Pengajian tersebut mengundang ustadz kondang asal Sibuhuan M. Yamin Hasibuan.

Mewakili Setda Arpan, Plt Kabag Kesra Musa Irwan, S.Psi menyampaikan, “Bapak Setda bersama Asisten I saat ini tidak bisa hadir bersama kita karena beliau saat ini berada di Medan dalam rangka koordinasi penyusunan APBD Tahun 2020. Pak Setda berpesan kepada kita semua mudah-mudahan pengajian berjalan dengan khidmad dan kita semua mendapat pahala dari Allah SWT. Saat ini kita masih berada di bulan Syawal maka tema yang akan diangkat perihal Bulan Syawal”, sebut Musa.

Sementara itu Sekretaris Serikat Tolong Menolong (STM) yang juga Plt Kabag Umum Erwin Alamsyah Pane, SE menjabarkan perihal aktivitas STM yang sedang berjalan.

Ustadz M. Yamin Hasibuan dalam tausyiahnya mengatakan Tiga Hal amalan yang dilakukan di Bulan Syawal. Pertama Syawal identik dengan bulan silaturrahim dan halal bi halal. Anggapan itu tidak salah karena memang pada bulan tersebut orang-orang disibukkan dengan kegiatan saling berkunjung satu sama lain dan mengadakan halal bi halal. Halal bi halal ini berfungsi sebagai perekat tali rindu dan persaudaran antar sesame kita. “Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahim, Kedua amalan lain yang sangat utama yang dapat dilakukan pada bulan Syawal adalah berpuasa sunnah, puasa ini sering disebut dengan puasa Syawal. Tata cara puasa ini ditentukan Rasulullah SAW pada bulan Syawal yaitu puasa sunah selama enam hari, sebagai kelanjutan puasa Ramadhan, Ketiga Menikah. Amalan yang satu ini sangat baik pula dilakukan pada bulan Syawal. Sebagaimana Rasullullah Sallahu ‘alaihi wasallam menikah Sayyidah Aisyah pada bulan tersebut. Sebagaimana sabda beliau:

“Rasulullah shallallhu ‘alaihi wasallam menikahiku pada bulan Syawal dan mengadakan malam pertama pada bulan Syawal. Istri Rasulullah mana yang lebih bentuntung ketimbang diriku di sisi beliau?” (HR Muslim).

Jemaah Pengajian setdakab yang terdiri dari ASN dan Non ASN Setdakab Padang Lawas sedang mengikuti Pengajian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *