Berita

SETDA PADANG LAWAS INSPEKTUR UPACARA PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-56 TAHUN 2017

Peringatan Hari Pramuka ke-56 di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Kecamatan Barumun Senin (14/08/ 2017) lalu. Mewakili Bupati Padang Lawas/ Sekretaris Daerah (Setda) Padang Lawas Arpan Nasution, S.Sos jadi Inspektur Upacara (Irup) yang diikuti apel besar oleh Anggota Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Padang Lawas, mulai tingkat penggalang SD, SMP dan Penegak tingkat SMA sederajat.

Dalam sambutannya, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dr Adhyaksa Dault yang dibaca langsung Setda Padang Lawas mengatakan, gerakan pramuka yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Pulau Rote, dari pelosok desa terpencil sampai ke kota dan perwakilan luar negeri di kedutaan besar dan konsulat jenderal merupakan garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada satya dan darma pramuka harus benar-benar tertanam Dalam hati setiap insan pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku.

“Gerakan pramuka berfungsi untuk membina dan memantapkan karakter kaum muda indonesia. Pesan Bung Karno ketika itu “berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita. Sampai pada suatu ketika setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik mahasiswa yang di kota maupun yang menggembala kerbau di desa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan “aku pramuka indonesia”.

Gerakan pramuka menjadi “rumah besar” kita, dan saya yakin pramuka dapat menyatukan bangsa ini ketika banyak pihak yang memiliki berbagai kepentingan lainnya”

Ditambahkan Adhyaksa lebih lanjut dalam pidatonya yang disampaikan Setda Padang Lawas, Potensi gerakan pramuka sangat besar, mimpi dan visi- misinya besar, anggota tersebar di seluruh pelosok tanah air, dan jaringan yang kuat dengan organisasinya yang terstruktur secara sistematis.

“Kakak-kakak dan adik-adik yang saya banggakan, dengan mengusung TEMA HARI PRAMUKA KE-56 TAHUN 2017 YAITU “BEKERJA UNTUK KAUM MUDA, MEWARISKAN YANG TERBAIK BAGI BANGSA”, mengindikasikan bahwa gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa, utamanya menyiapkan generasi mileneal untuk menjadi pemimpin terbaik bagi bangsanya,” imbuhnya.

Setelah apel besar dilaksanakan, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Padang Lawas menggelar perlombaan pawai defile bagi penggalang tingkat SD, SMP serta penegak tingkat SMA dikuti 31 sekolah. Selain perlombaan defile juga digelar lomba tarik tambang, terompah panjang dan enggrang bagi peserta adik-adik Pramuka Kwarcab dan Kwarran se-Kabupaten Padang Lawas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *