Berita

BUPATI PADANG LAWAS MENYAMPAIKAN KEMAJUAN KABUPATEN PADANG LAWAS DI TAHUN 2016 PADA SIDANG PARIPURNA ISTIMEWA TENTANG HARI JADI KABUPATEN PADANG LAWAS KE-10

Jelang peringatan Hari Jadi ke-10 Kabupaten Padang Lawas 2017, Pemerintah Daerah Kabupaten padang Lawas mengadakan Sidang paripurna istimewa Sabtu (15/7) di ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Padang Lawas. Hadir juga Anggota DPRD, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Padang Lawas Instansi Vertikal Kabupaten Lawas, tokoh pemekaran, tokoh masyarakat, Ormas, dan OKP.
Dalam sambutannya Bupati Padang Lawas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) menyampaikan, Peringatan hari jadi Kabupaten Padang Lawas adalah bukti nyata hasil kemitraan antara eksekutif dan legislatif dalam menyatukan seluruh aspek politik, ekonomi dan sosial budaya yang tertuang dalam kebijakan daerah dan pada akhirnya bermuara pada upaya dan komitmen bersama membangun Kabupaten Padang Lawas.
Bupati menjelaskan ada 14 pencapaian pembangunan pada Tahun 2016 sesuai dengan data di bagian pembangunan sekretariat daerah kabupaten padang lawas, diantaranya adalah :
1. Pemekaran lima kecamatan di kabupaten padang lawas yaitu:
• Kecamatan Barumun Barat
• Kecamatan Barumun Baru
• Kecamatan Ulu Sosa
• Kecamatan Sosa Julu
• Kecamatan Sosa Timur
Posisinya sekarang sedang dalam proses persetujuan pemerintah pusat, dan beberapa waktu lagi akan kita resmikan.
2. Pembukaan jalan tembus padang lawas pasaman antar provinsi melalui kerja sama antara daerah dan Provinsi Sumatera Utara-Sumater Barat.
3. Penerimaan penghargaan penilaian kabupaten / kota peduli Hak Azasi Manusia Tahun 2015 dan 2016 yang diterima bupati langsung di istana negara dan di Provinsi Jawa Timur.
4.Padang Lawas telah mampu menciptakan persilangan benih unggul padi. sekarang sedang dalam proses sertifikasi hak patent padang lawas.
5. Immunisasi bagi anak sekolah dan balita di posyandu telah di laksanakan di seluruh wilayah kabupaten padang lawas.
6. Pendidikan luar Sekolah / Paud telah ada di seluruh wilayah Padang Lawas.
7. Penerimaan penghargaan Program Dokter Nusantara dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2016 dan 2017.
8. Di Wilayah Kabupaten Padang Lawas tidak ada lagi warga yang buta aksara karena telah dialaksanakan ujian persamaan Paket A, B, Dan C.
9. Pertumbuhan ekonomi Padang Lawas Tahun 2016 mengalami peningkatan sebesar 9,70% dibandingkan Tahun 2015 yang tumbuh sebesar 6,06% berdasarkan data statistik Kabupaten Padang Lawas.
10. Pembangunan Mesjid Agung Kabupaten Padang Lawas Tahun 2017.
11. Pembangunan Jembatan Aek Barumun Desa Sidondong Kecamatan Barumun Tengah.
12. Peningkatan Jalan Sibuhuan-Hapung (sebagai landasan jalan tembus madina) .
13. Pembangunan secara bertahap sentra pasar-pasar tradisional di beberapa wilayah daerah, tumbuh dan berkembang seperti: Pasar Padang Hasior, Pasar Papaso, dan sebagainya.
14. Peningkatan Jalan Lingkar Kabupaten Sisupak-Latong sebelah kanan Kecamatan Barumun.
Selanjutnya bupati juga menyampaikan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Antara Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Dengan Pihak Institut Pertanian Bogor (Ipb) Tentang Dibukanya Program Studi Di Luar Kampus Utama (Psdku) Kabupaten Padang Lawas Sehingga Sudah Dapat Di Mulai Tahun Ajaran Baru 2017/2018 Dan Telah Dibuka Pendaftaran Melalui Media Online Sejak Tanggal 1 Juli 2017 ungkap bupati.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *