Berita

SAFARI RAMADHAN 1438 H SEBAGAI WAHANA UKHUWAH ISLAMIYAH PEMERINTAH DAERAH PADANG LAWAS DENGAN MASYARAKAT KECAMATAN SIHAPAS BARUMUN

Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Lawas laksanakan Safari Ramadhan di Desa Padang Hasior Dolok Kecamatan Sihapas Barumun Rabu (7/6) lalu. Wakil Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM beserta rombongan yang terdiri dari Anggota DPRD Padang Lawas dari Fraksi Golkar dan Gerindra, FKPD Padang Lawas, Sekretaris Dewan, Kepala SKPD Padang Lawas dan Para Kabag Padang Lawas. Kedatangan rombongan disambut dengan Group Rebana Kecamatan Sihapas Barumun.

Wakil Bupati Padang Lawas dalam sambutannya menyampaikan sesungguhnya Safari Ramadhan ini adalah agenda rutinitas antara Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Lawas sebagai wahana Ukhuwah Islamiyah dengan masyarakat Kecamatan Sihapas Barumun yang diadakan setiap tahun. Hal ini sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, “Setiap mukmin yang satu bagi mukmin lainnya bagaikan satu bangunan, satu di antara lainnya saling memperkokoh”. Barangkali bapak-ibu tidak mempunyai waktu bersilaturahmi ke Kantor Bupati Padang Lawas karena kesibukan dengan aktivitas sehari-hari, untuk itulah kami yang datang kemari berkunjung dan menelusuri masyarakat Kecamatan Sihapas Barumun. Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sudah kami kejar dari Marenu, namun karena pendapatan daerah yang terbatas dan harus berbagi dengan pembangunan infrastruktur di kecamatan lain maka kami yakin jika nanti bapak-ibu masih mempercayakan kami untuk memimpin Padang Lawas satu periode lagi maka jalan yang menghubungkan Sihapas Barumun akan kita tuntaskan dan kita licinkan. Jika tahun kemarin kita berkunjung ke Sihapas Barumun dengan melewati sungai, Alhamdulillah saat ini kita sudah mempunyai jembatan penyeberangan.

Sementara itu Camat Sihapas Barumun sebagai tuan rumah Safari Ramadhan mengatakan selamat datang kepada Bapak Wakil Bupati Padang Lawas, kami tersentuh dengan kedatangan bapak dan rombongan ke dareah kami. Saya mewakili masyarakat Kecamatan Sihapas Barumun memohon kiranya Bapak Wakil Bupati lebih memperhatikan daerah kami mengingat desa kami merupakan desa terpencil jauh dari ibu kota pemerintahan. Kami berharap agar bantuan yang bapak berikan terutama Infrastruktur jalan bisa kami nikmati dan nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kecamatan Sihapas Barumun.

Safari Ramadhan diisi tausyiah oleh Al Ustadz H. Dorlan Lolot Nasution. Dalam tausyiahnya Al Ustadz  menyampaikan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa. Beberapa keistimewaan bulan ramadhan adalah: Pertama, Pahala yang dilipat gandakan Allah SWT. Seperti sabda Rasulullah SAW bahwa “Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi oarng yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun” (HR. At Tirmidzi). Kedua, bulan yang mustajab untuk berdoa. Salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa adalah saat bulan Ramadhan. Hal ini dijelaskan dengan sabda Rasulullah SAW bahwa “Sesungguhnya setiap muslim pada tiap siang dan malam hari – pada bulan Ramadhan – memiliki doa yang mustajab.“ (Diriwayatkan oleh Al Bazzar dan dishahihkan oleh Albani). Ketiga Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 185 bahwa “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).”

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas memberikan santunan kepada anak yatim di Kecamatan Sahapas Barumun dan ambal masjid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *