Berita

SOSIALISASI REMBUG TANI “MENDORONG PETANI AGAR BERSATU DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI PERTANIAN KABUPATEN PADANG LAWAS”

SIBUHUAN- Pertanian di Indonesia masih menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Maka pembangunan pertanian masih menjadi prioritas termasuk di kabupaten Padang Lawas yang menetapkan pertanian sebagai salah satu sektor unggulan dalam menjadikan bagian dari pembangunan ekonomi karena cukup potensial dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah. Acara tersebut diadakan di Aula Water Boom Dofa Desa Tanjung kecamatan Ulu Barumun kabupaten Padang Lawas pada 23/24 Mei 2017.

Pembangunan pertanian merupakan suatu proses yang ditujukan untuk mengembangkan serta menambah produksi pertanian yang berkualitas dan berdaya saing. Untuk mencapai hal tersebut,disamping dukungan agroekosistem juga ditentukan fasilitas yang memadai serta kemampuan petani sebagai pelaku utama pembangunan pertanian.

“Seiring dengan usaha-usaha yang telah ditempuh, muncul permasalahan yang menghambat perkembangan pertanian di daerah, mulai dari kerusakan alam,kerusakan jaringan irigasi,produktifitas lahan menurun sampai minimnya pendidikan bagi pelaku pembangunan pertanian. Sehubungan dengan itu,kegiatan rembug tani ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan dengan metode pemberdayaan masyarakat tani dengan tujuan untuk menggali dan menginventarisir permasalahan-permasalahan yang dihadapi kelompok tani untuk kemudian dapat diambil kebijakan daerah sehingga dapat di usulkan ke provinsi maupun ke pusat utk dicari solusinya”. Hal ini disampaikan oleh GT. Hamonangan selaku Asisten I di Sekretariat Daerah kabupaten Padang Lawas dan juga sebagai pembuka sambutan dalam acara sosialisasi tersebut.

Acara Rembug Tani ini dimaksud memberikan semangat baru dan motivasi bagi para petani dan sebagai wahana pertukaran informasi  transfer pengalaman,pengembangan jejaring kerjasama usaha tani antar kelompok tani. Serta terjalinnya komunikasi dua arah antara petani dengan pemerintah,kedepannya diharapkan menjadi bagian dalam mewujudkan petani yang yang kompeten serta tercapainya  swasembada pangan di daerah kabupaten Padang Lawas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *