Berita

PERKHATAMAN SANTRI-SANTRIYAH YAYASAN PONDOK PESANTREN SYECH MUHAMMAD DAHLAN AEK HAYUARA SIBUHUAN

SIBUHUAN – Penamatan Santri-Santriyah Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Syech Muhammad Dahlan Aek Hayuara dihadiri oleh Bupati Padang Lawas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) beserta Para Kepala Dinas, Kabag, Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat dan Wali Murid Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Syech Muhammad Dahlan Aek Hayuara.

Dalam sambutannya, Bupati Padang Lawas (TSO) menyampaikan “Alhamdulillah pada kesempatan ini kami bersyukur kepada Allah SWT dapat menghadiri acara Perkhataman Santri/ Santriyah Pondok Pesantren Al-Fakih Babussalam Tahun Pelajaran 2016-2017, sekaligus dapat bersilaturahim dengan para Kyai Pengasuh Pondok Pesantren, Tokoh Agama, Para Santri, Wali Santri serta hadirin tamu undangan di majelis yang penuh berkah ini. Kami berharap semoga silaturahim  ini dapat memberikan keberkahan bagi kita semua, serta dampak positif bagi kemajuan dan peningkatan peran pondok pesantren  dalam pengembangan pendidikan khususnya di Kecamatan Barumun dan umumnya di Kabupaten Padang Lawas yang kita cintai”.

Bupati melanjutkan “peran Pondok  pesantren khususnya di Kabupaten Padang Lawas sudah sejak lama menjadi lembaga yang membentuk watak dan peradaban bangsa serta mencerdaskan kehidupan bangsa yang berbasis pada keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta akhlak mulia. sehingga tidak diragukan lagi bahwa pesantren memiliki kontribusi nyata dalam pembangunan pendidikan. apalagi dilihat secara historis, pesantren memiliki pengalaman yang luar biasa dalam membina dan mengembangkan masyarakat. bahkan, pesantren mampu meningkatkan perannya secara mandiri dengan menggali potensi yang dimiliki masyarakat di sekelilingnya.

Bupati berpesan agar Santri-santriyah dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi lagi, terutama bagi santri/ santriyah yang telah khatam di mas (madrasah aliyah swasta). piihlah jurusan sesuai bakat yang dimiliki. kejarlah cita-cita mu. namun satu hal yang harus dijaga adalah tanamkan jiwa yang qur’ani. karena di masa yang akan datang kita menginginkan generasi yang handal dibidangnya dengan karakter yang islami. Bupati H. Ali Sutan Harahap (TSO) juga mengingatkan para Santri-Santriyah pada abad pertengahan dulu, Islam pernah Berjaya sekitarseribu tahun yang lalu,  pada masa-masa itu banyak sekali para filsuf, ilmuwan serta insinyur dunia Islam yang berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.sebut saja beberapa tokoh muslim yang menginspirasi misalnya : Ibnu Sina, Al Farabi, Al Kindi,Muhammad Bin Zakaria Al Razi dan masih banyak lagi.

Di akhir sambutannya Bupati H. Ali Sutan Harahap (TSO) berpesan kepada seluruh Santri-Santriyah Yayasan Ponpes Syech Muhammad Dahlan Aek Hayuara Sibuhuan agar jangan terpengaruh dengan efek negatif dari  kemajuan perkembangan zaman, namun sebaliknya  harus optimis, penuh percaya diri untuk menggapai masa depan yang jauh lebih baik”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *