Berita

PEMERINTAH KABUPATEN PADANG LAWAS BERIKAN TALI KASIH KEPADA VETERAN PADANG LAWAS DI HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-109 TAHUN 2017

Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas)  Ke-109 Tahun 2017 di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Padang Lawas Senin (22/5) lalu berjalan khidmat. Tema Harkitnas tahun ini adalah “Pemerataan Pembangunan Indonesia Yang Berkeadilan Sebagai Wujud Kebangkitan Nasional”. Tema tersebut berlatar belakang pemikiran untuk mewujudkan pemerataan yang berkeadilan sosial terhadap cita-cita para peletak dasar bangunan kebangsaan yang menginginkan tidak ada jurang yang membatasi penyebaran kesejahteraan bagi seluruh penduduk indonesia.

Dalam pembacaan Amanat Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia yang dibacakan oleh Bupati Padang Lawas yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Padang Lawas, Syamsul Anwar Lubis, SE dikatakan bahwa “Pemerintah terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan di segala sektor. Di sektor kelistrikan, misalnya, pembangunan ketenagalistrikan telah dilakukan di 2.500 desa yang belum mendapat aliran listrik. Pada saat yang sama, kebijakan pemerataan dilakukan melalui subsidi listrik yang difokuskan kepada masyarakat menengah ke bawah, sehingga bisa dilakukan relokasi subsidi listrik Tahun 2016 sebesar Rp. 12 Triliun, dialihkan untuk menunjang sektor kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Dalam bidang agraria, juga telah diluncurkan Kebijakan Pemerataan Ekonomi (KPE) yang bertumpu pada 3 pilar yaitu lahan, kesempatan dan SDM. Kebijakan ini menitikberatkan pada reforma agraria, termasuk legalisasi lahan transmigrasi; pendidikan dan pelatihan vokasi; perumahan untuk masyarakat miskin perkotaan; serta ritel modern dan pasar tradisional. Kebijakan ini bertitikberat pada proses alokasi dan  konsolidasi kepemilikan, penguasaan/ akses, dan penggunaan lahan, yang dilaksanakan. Pemerintah juga melakukan upaya pemerataan di sektor Kominfo melalui program palapa ring, berupaya proyek pembangunan jaringan tulang punggung serat optik nasional untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia sehingga keberadaan internet berkecepatan tinggi (broadband) dapat dinikmati secara luas”.

Rangkaian acara Harkitnas ini dilanjutkan oleh Pemberian Tali Kasih kepada sejumlah Veteran di Kabupaten Padang Lawas karena usaha mereka memperjuangkan Kemerdekaan RI di Kabupaten Padang Lawas. Hadir juga Sejumlah Pejabat Eselon II, III dan IV di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lawas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *