Berita

PEMBENTUKAN SATUAN KARYA PRAMUKA KENCANA KWARTIR CABANG PADANG LAWAS

Sibuhuan –  Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Padang Lawas melaksanakan Pembentukan Satuan Karya Pramuka Kencana Kwartir Cabang Padang Lawas, Senin (17/4) lalu. Satuan karya pramuka kencana yang merupakan wadah kegiatan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan praktis dan bakti masyarakat, dalam bidang keluarga berencana, keluarga sejahtera dan pengembangan kependudukan. Acara ini dihadiri Oleh Wakil Bupati padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht dan beberapa pejabat eselon di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Lawas.

Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan “bonus demografi akan menjadi tantangan yang cukup berat bagi pemerintah dalam memberdayakan penduduk usia produktif, diantaranya kualitas pendidikan penduduk pada usia produktif yang masih rendah, tingkat pertumbuhan yang masih tinggi, angka pengangguran yang masih tinggi, kualitas kesehatan yang masih rendah, dan angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi. belum lagi permasalahan remaja dan generasi muda yang semakin kompleks seperti pergaulan bebas, pernikahan pada usia dini, narkotika dan lain sebagainya. Oleh karena itu pembentukan Saka kencana menjadi salah satu alternatif untuk berperan aktif dalam pemecahan masalah tersebut, tentu terbentuknya kelompok siaga kependudukan sebagai model di Kabupaten Padang Lawas merupakan langkah yang sangat strategis sebagai model dalam penanggulangan ledakan jumlah penduduk khususnya di Padang Lawas”.

Selanjutnya ada tiga pesan penting yang disampaikan Wabup diantaranya:  Pertama, kepada pengurus saka agar secepatnya membentuk pasukan inti. laksanakan latihan dan pembinaan kepada adik-adik pramuka secara terus menerus, Kedua diharapkan kepada Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak agar menampungkan anggaran saka sehingga kegiatan dan pembinaan saka dapat berjalan, serta dapat berperan aktif dalam mengikuti program yang dilaksanakan oleh kwartir cabang, daerah maupun nasional, dan ketiga untuk percepatan terwujudnya kemitraan di bidang kependudukan dan keluarga berencana ini, diminta kepada pengurus yang baru dilantik agar secepatnya dibentuk sekolah siaga kependudukan berbasis kepramukaa di kabupaten padang lawas ini.

Tak lupa juga Wabup mengucapkan selamat kepada para pengurus dan anggota pramuka  untuk memimpin satuan karya pramuka di kabupaten padang lawas ini  dan saya berharap, serta berdoa kepada Allah agar tugas-tugas yang  emban dapat dilaksanakan dengan sebaik – baiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *