Berita

RENCANA PEMBUKAAN PROGRAM STUDI DI LUAR KAMPUS UTAMA (PSDKU) INSTITUTE PERTANIAN BOGOR DI KABUPATEN PADANG LAWAS

Wakil Rektor Bidang Akademik Dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS beserta anggota dan tim pendukung berkunjung di Kabupaten Pandang Lawas dalam rangka rencana Pembukaan Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Institute Pertanian Bogor (IPB) dengan Program Diploma III (D3) Jurusan Perikanan dan Peternakan , Rabu (29/3) lalu di Pendopo Rumah Kediaman Bupati Padang Lawas, Sibuhuan.
Rencana Pembukaan Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Institute Pertanian Bogor yang dilaksanakan Pemerintah Daerah dan IPB merupakan lanjutan dari naskah kesepahaman antara Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Lawas dengan Institute Pertanian Bogor pada Tanggal 31 Juli Tahun 2015 yang lalu, dimana telah disepakati kerjasama dengan Rektor Institut Pertanian Bogor dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selanjutnya pada Tanggal 25 Oktober Tahun 2016 lalu telah dilaksanakan pembahasan pembentukan Road Map disektor perikanan dan peternakan di Kabupaten Padang Lawas. ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam mencerdaskan kehidupan Masyarakat Kabupaten Padang Lawas.
Dalam sambutannya Bupati Padang Lawas, H. Ali Sutan Harahap menyampaikan “Potensi sumber daya peternakan di kabupaten padang lawas sangat potensial untuk dikembangkan. Luas wilayah perkebunan di kabupaten padang lawas mencapai hampir 30% dari luas wilayah kabupaten dan sangat mendukung untuk penerapan pola integrasi ternak dan sawit. Disamping itu juga tersedia lahan pengembalaan terbuka yang sesuai untuk budidaya ternak ± 3.200 ha. Namun potensi Kabupaten Padang Lawas sebagai kabupaten yang dominan dalam sektor perikanan dan peternakan masih belum seimbang dengan keterbatasan sumberdaya manusianya. dengan dibukanya Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Institute Pertanian Bogor di Kabupaten Padang Lawas maka potensi perikanan dan peternakan dimasa yang akan datang dapat dikelola dengan menghasilkan hasil yang optimal”.
Selanjutnya Bupati menyampaikan Pembukaan PSDKU IPB di Padang Lawas merupakan satu-satunya di Pulau Sumatera, untuk itu saya meminta IPB harus memprioritaskan Putera Daerah Padang Lawas”.
Sementara itu Wakil Rektor IPB Bidang Akademik Dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS menyampaikan “Setelah dilakukan survei tentang minat kuliah Masyarakat Padang Lawas hasilnya adalah luarbiasa untuk bisa melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Hasil survei minat kuliah DIII (D3) mencapai 70%. Namun lebih tinggi lagi untuk jenjang S1 mencapai 91,7%. Kemudian ditanya lagi apakah Masyarakat Padang Lawas ingin kuliah di PSDKU IPB di Palas, hasilnya adalah 61,7%, untuk itu dibutuhkan komitmen tidak hanya dari Pemerinah Daerah tapi juga dari masyarakat.
Acara ini sendiri digelar dalam bentuk Focus Group Discussion yang juga dihadiri Wakil Bupati Padang Lawa, Ketua DPRD Padang Lawas dan beberapa Anggota DPRD Padang Lawas serta Pimpinan SKPD Kab. Padang Lawas (PB13).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *