Berita

BUPATI H. ALI SUTAN HARAHAP (TSO) PIMPIN UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA KE-91 TINGKAT KAB. PADANG LAWAS

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 Tingkat Kab. Padang Lawas, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kab. Padang Lawas menyelenggarakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang bertempat di di Halaman Kantor Bupati Senin (28/10) lalu. Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 dihadiri oleh Bupati H. Ali Sutan Harahap (TSO), Sekda Padang Lawas Arpan Nasution S.sos, Ketua DPRD Padang Lawas Amran Pikal Siregar S.Sos, Pabung Kodim 0212/Ts Mayor Inf S. Pasaribu, Pabung Polres Padang Lawas Kuto Pulungan, Ketua PN Sibuhuan Ahmad Sobirin, Kepala OPD, Pimpinan SKPD, Forkopinda, Camat, Danramil 08 Barumun Kapten Inf Fakhri Batu bara, Kapolsek Barumun Eddy S,Okp,  Ormas, ASN di lingkungan Pemkab Padang Lawas, Pemangku Adat Sutan Parlindungan hsb serta Siswa/i SD, SMP sederajat, SMU sederajat dan undangan lainnya

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 di awali dengan mengheningkan Cipta oleh Bupati Padang Lawas Ali Sutan Harahap serta pembacaan Teks Pancasila, Naskah Pembukaan UUD 45 dan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 .

Mengawali sambutannya Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang dibacakan oleh Bupati H. Ali Sutan Harahap (TSO) mengatakan bahwa Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari ponografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut Bupati TSO mengatakan, Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja iklas, dan tuntas.

Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.Tema Bersatu kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju.

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati TSO menegaskan, Pemuda untuk indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia. (Humas Setdakab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *