Berita, Kegiatan

BUKA MUSERENBANG TINGKAT KABUPATEN, WABUP SEBUT PENINGKATAN DAYA SAING DAERAH LEWAT PEMERATAAN PEMBANGUNAN DAN PENINGKATAN KUALITAS SDM DALAM MENCAPAIAN VISI MISI KAB PALAS TAHUN 2019-2024

Mewakili Bupati Padang Lawas, Wakil Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM, M.Si membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Padang Lawas  dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Tahun 2019 di Gedung Asrama Haji Sibuhuan, Rabu (13/3) lalu. Hadir pada kesempatan ini Gubernur Sumatera Utara dalam hal ini diwakili Kepala bidang kemaritiman dan ekonomi  Dr, Ir, Hasrijal Lubis M,Si Sumut, Setda Padang Lawas Arpan Nst, Wakil Ketua DPRD Palas H. Irsan Bangun Hrp, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Padang Lawas, seluruh pimpinan OPD Padang Lawas, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, LSM dan Pers.

Wakil Bupati drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu C, Ht, MM, M, Si mengatakan, pelaksanaan Musrenbang adalah peningkatan daya saing daerah lewat pemerataan pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia capaian visi misi Kab Palas tahun 2019-2024 ,” visi meneruskan Padang Lawas yang beriman, cerdas, sehat,  sejahtra dan berbudaya ( bercahaya) dengan kerja keras dan kerja cerdas ” Misi  meningkatkan birokrasi berbasis teknologi ,pelayanan  kebutuhan yang merata , mewujudkan daya saing ekonomi berbasis sektor unggulan, meningkatkan pembangunan infrastruktur dan kearifan lokal budaya dan agama,  perencanaan yang aspiratif dan partisipatif dengan menerapkan e-planning untuk perencancaan pembangunan Kabupaten Palas dapat lebih tepat waktu dan tepat sasaran.

Kepala Bidang Perekonomian Bappeda Propinsi Sumatera Utara, Hasmi Rizal Lubis yang membacakan sambutan Gubsu mengatakan menyampaikan yang menjadi thema RKPD provinsi Sumatera Utara tahun 2020 yakni; “Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Pembangunan Sumatera Utara Yang Bermartabat”. Maka RPK tahun 2020 tahun pertama pelaksanaan RPJMN tahun 2020-2024 yang menekankan pada 5 prioritas pembangunan yakni; Pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, Konektivitas dan pemerataan, Nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja, Ketahanan pangan, air, energi dan lingkungan hidup, serta Stabilitas pertahanan dan keamanan. Kabid Perekonomian Bappeda Provsu juga menyampaikan himbauan dari pemerintah pusat agar penyusunan RKP 2020 dilakukan dengan penguatan pelaksanaan kebijakan “Money Follow Program Prority”, dengan pendekatan Tematik, Holistik, Integratif dan Spasial.

Kepala Bappeda Yenni Nurlina Siregar, SP prioritas RKPD Kabupaten Palas 2020 ini ada lima poin, peningkatan kwalitas insfratruktur, peningkatan SDM, penciptaan kesempatan kerja dan berusaha, pembinanan produk unggul daerah dan mendukung kebijakan Nasional. “Musrebang ini bertujuan mendapatkan masukan untuk penyempurnaan rancangan RKPD Palas Tahun 2020 yang memuat prioritas pembangunan daerah, rancangan alokasi program dan kegiatan serta pagu indiktif pendanaan berdasarkan fungsi perangkat daerah baik yang dibiayai APBD Palas, APBD Provinsi, maupun APBN dan sumber pembiayaan lain yang syah,” tambahnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *