Berita

CEGAH KEBUTAAN PADA BAYI DAN BALITA, PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PADANG LAWAS CANANGKAN BULAN VITAMIN A

Bulan Agustus, merupakan bulan pencanangan Vitamin A. Kegiatan rutin Pemerintah Kabupaten Padang Lawas ini dilaksanakan di Desa Sayur Mahincat, Kecamatan Barumun Selatan, Kamis (24/8) lalu. Kegiatan yang dilaksanakan di tiga Wilayah yakni Desa Panarian, Desa Gunung Berani dan Desa Sayur Mahincat dengan Sasaran programnya adalah balita dari usia 6 bulan sampai dengan 59 bulan. Vitamin A yang dibagikan adalah vitamin A dosis tinggi. Ada 2 jenis vit A yang diberikan yaitu yang biru (100.000 IU) untuk bayi usia 6 sd 11 bulan, dan yang merah (200.000 IU) untuk usia 12 sd 59 bulan.
Kegiatan ini dihadiri Plh Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si beserta Pimpinan SKPD Kabupaten Padang Lawas. Dalam sambutannya Plh Bupati mengharapkan agar pencanangan bulan Vitamin A dapat meningkatkan motivasi stakeholders kesehatan untuk memberikan Vitamin A secara merata kepada bayi dan balita di Kabupaten Padang Lawas. Plh Bupati melanjutkan, melalui kegiatan ini dapat memberikan kecerdasan bagi masyarakat dalam menjaga kesehatan balita yang masih rentan terhadap berbagai penyakit. Khusus kekurangan Vitamin A dapat mengancam keselamatan jiwa bayi dan balita dan dapat mengakibatkan kebutaan, ungkap Plh Bupati.
Sementara itu, Plh Kadis Kesehatan Palas dr. Ummy Sahara Matondang mengatakan, kegiatan pencanangan bulan vitamin A bertujuan untuk mencegah kekurangan vitamin A pada bayi atau balita. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian karena kekurangan vitamin A serta membantu kesehatan mata dan membantu proses pertumbuhan anak bayi dan balita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *