Berita, Kegiatan

PEMKAB PALAS PERINGATI HARI OTONOMI DAERAH KE-XXI

Daerah yang ke XXI, Selasa (25/4) lalu secara Nasional di Halaman Kantor Bupati Padang Lawas. Adapun Tema peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini yaitu “Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik melalui E-Government”.

Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), Cahyo Kumolo yang dibacakan Bupati Padang Lawas, H. Ali Sutan Harahap (TSO)  selaku Inspektur upacara, mengatakan bahwa Hari otonomi daerah merupakan momentum untuk mengevaluasi kebijakan kinerja pelaksanaan otonomi daerah pada masing-masing daerah otonomi.

Tema ini memiliki empat makna pokok yang harus diketahui seluruh peserta upacara, yakni : Pertama: Pelaksanaan Otonomi Daerah harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat.  Kedua: Upaya peningkatan kinerja pelayanan publik, harus dikelola berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau electronic-government, agar masyarakat dapat memperoleh informasi secara mudah, cepat dan tepat tentang prosedur pelayanan publik yang disediakan Pemerintah Daerah. Ketiga: Ketepatan penyediaan pelayanan publik berbasis electronic-government, membutuhkan kemampuan dan integritas yang tinggi dari setiap aparatur Pemerintah Daerah. dan Keempat: Upaya peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis electronic-government, akan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik (good local governance) dan aparatur pemerintah daerah yang bersih (atau clean local government).

Bupati melanjutkan, setiap Pemerintah Daerah diwajibkan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, dengan melibatkan seluruh warga masyarakat dan kalangan dunia usaha. Melalui  Program Nawa Cita Kabinet Kerja, telah berketetapan untuk “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan”.

Di akhir amanat Mendagri, Bupati mengucapkan “Selamat Hari Otonomi Daerah. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan memberkahi Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *